Jumat, 01 Juni 2012

Santri Jadi Broadcaster, Siapa Takut !!!


Untuk menjadi seorang broadcaster handal, di perlukan beberapa persiapan sejak dini. Tak terkecuali para santri yang berada di pondok pesantren agar bakat, minat dan kemapuan dapat lebih terarah. Lewat Kegiatan Rasida Road to Pesantren Rasida FM mencoba mengenalkan dunia kepenyiaran kepada para santri di sekitar Yogyakarta.   
Rasida FM Road to Pesantren 2012 adalah satu bentuk aplikasi kegiatan pengembangan dan pengabdian masyarakat, yang diadakan oleh laboratorium broadcast yang berada di bawah fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga, Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah (PPTD) divisi Radio Rasida (Radio Siaran Dakwah). Dalam Kegiatan ini Rasida FM mencoba  membangun  generasi muda khususnya para santri yang berada di pondok pesantren dengan mengadakan workshop pengenalan lebih dekat dunia penyiaran radio. 
Kegiatan Rasida Roud to Pesantren 2012 adalah salah satu upaya untuk menghadapi perkembangan teknologi informasi terutama bidang penyiaran, yang saat ini  menuntut kualitas generasi broadcaster handal dengan kemampuan yang optimal. Akan tetapi realita yang terjadi banyak  generasi muda saat ini, khususnya para santri yang berada di pondok pesantren, masih merasa gamang menetukan profesi yang kelak akan di tekuni. Kekurangan informasi tentang bidang tersebut menjadi penyebab fenomena ini. Karena sejauh ini belum ada sebuah institusi, lembaga pemerintah atau swasta yang memperknalkan secara dekat kepada para santri tentang dunia kepenyiaran, Khususnya bidang Radio.
  Rasida FM Road to pesantren mendatangi beberapa pondok pesantren sekitar Yogyakarta seperti Pondok Pesantren Al-Munawwir Komplek Q, Kerapyak Yogyakarta, Pondok Pesantren Nurul Ummah Kota Gede dll. Dengan materi tentang dasar keradioan, penulisan naskah radio, teknik vocal dan ditutup dengan simulasi siaran. Sedangkan pemateri berasal dari crew rasida fm yang juga sudah bersiaran di radio komersial diantaranya:  Dias Senja Juniko (Penyiar Radio Retjo Buntung), Hikmat Kamal (Penyiar Radio Edukasi), Sartika Sari Utami (Penyiar Radio Edukasi), Dila Erzakia ( Penyiar Star Jogja).